Masyarakat Dukuh Bengkah Laksanakan Sholat Gerhana di Masjid Jami' Baitul Amin



Bengkah.com - Seperti diketahui bahwa hari  kamis, 26 Desember ada satu momentum peristiwa alam langka, yaitu gerhana matahari cincin. 

Sebagai umat muslim kita disunnahkan untuk melakukan Sholat gerhana, seperti yang dilakukan oleh penduduk warga dukuh bengkah yang melaksanakan sholat gerhana matahari di masjid jami' Baitul Amin Dukuh Bengkah, dimulai dengan pembacaan istighfar oleh bapak kaslim salah seorang anggota Takmir masjid sie. ibadah. 

pembacaan tersebut di mulai pukul 11.WIB di samping berdoa meminta ampunan dari Allah swt juga bertujuan untuk menunggu para jama'ah untuk datang ke majid mengikuti shalat gerhana. 

masyarakat berduyun-duyun datang ke masjid baik jamaah pria ataupun wanita. waktu menunjukkan pukul 11.50 wib. segeralah shalat gerhana dimulai dengan penjelasan tentang hal-ihwal gerhana matahari, hukumnya dan kaifiyyahnya oleh Gus Ulil yang bertindak sebagai imam.

 Setelah shalat gerhana selesai maka segeralah di adakan khotbah yg disampaikan oleh beliau Gus solihin. Dalam khotbahnya beliau menekankan untuk meningkatkan iman dan taqwa kita kepada Allah. Gerhana adalah bukti wujudnya Allah SWT dan menunjukkan KekuasaanNYA.

 Beliau juga menekankan untuk memperbanyak istighfar, taubat dan shadaqah. sedangkan yang bertindak sebagai bilal adalah bapak Jamjuri salah satu pengurus takmir sie. ibadah. shalat gerhana matahari selesai sekitar jam 12.30 WIB.

Sumber : Aula Ulil Azmi (Gus Ulil)

BBC  ( Blogger Bengkah Community )

0 Response to "Masyarakat Dukuh Bengkah Laksanakan Sholat Gerhana di Masjid Jami' Baitul Amin"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel