Nasi Jagung yang sudah mulai langka, Ternayata Menyimpan Beribu manfaat bagi tubuh kita


Bengkah.com - Pembaca bengkah.com yang budiman, kali ini kita akan membahas salah satu kuliner legendaris di dukuh bengkah / mungkin di indonesia, Nasi Jagung yang mungkin pernah menjadi makanan pokok nenek moyang pada zaman dahulu, hal ini dikarenakan masih minim dan mahalnya harga beras dan melimpahnya jagung di daerah kita pada zaman itu, segingga Nasi jagung menjadi Alternatif untuk dikonsumsi sehari hari.

Makanan ini akan lebih lezat jika disajikan saat hangat dan dilengapi dengan kuluban, teri dan sambal mentah.... wahhh mantab pokoknya gues...

tapi tau gak gues kalau ternyata nasi jagung ini selain mengenyangkan ternyata juga menyehatkan dan memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita.

Manfaat Nasi jagung


Jagung mengandung sejumlah senyawa bioaktif yang diyakini memberi manfaat untuk kesehatan tubuh. Jagung juga mengandung serat pangan yang dibutuhkan tubuh (dietary fiber) dengan indeks glikemik (IG) relatif rendah dibanding beras dari padi sehingga beras Jagung menjadi bahan anjuran bagi penderita diabetes.

Jagung juga sebagai sumber serat yang sangat baik sehingga sehat untuk sistem pencernaan.
Dalam satu cangkir jagung mengandung 18,4% serat dari jumlah harian yang dibutuhkan oleh tubuh. Karena kaya akan serat, mamakan jagung dapat mencegah sembelit, wasir, dan risiko kanker usus besar.
 
Oleh karena itu, nasi jagung memiliki banyak  manfaat yang diperlukan bagi kesehatan tubuh. Karena nasi jagung memiliki jumlah nutrisi yang cukup tinggi. Nasi jagung juga dikenal kaya akan jumlah zat phytochemical, yang memiliki peran untuk memberikan perlindungan tubuh dari beberapa penyakit kronis. Beberapa manfaat untuk kesehatan yang diperoleh dari nasi jagung adalah sebagai berikut: 
 

  • Sebagai pengganti nasi untuk menghasilkan energi
Nasi jagung makanan pokok yang dapat dijadikan sebagai alternatif penghasil energi dalam tubuh. Karena bahan dasar pembuatnya dari jagung yang merupakan sumber yang kaya akan kalori. Kandungan kalori yang terdapat dalam nasi jagung berkisar 345 per 100 gramnya.
  • Mengatasi gangguan pencernaan
Kandungan serat yang terdapat dalam nasi jagung dapat memenuhi sekitar 18.4% dari jumlah yang disarankan perharinya. Serat merupakan zat yang berfungsi untuk membantu masalah buang air besar, yaitu dengan cara merangsang gerak peristaltik dan bahkan merangsang produksi asam lambung, dan empedu.
  • Mengatasi diare
Kandungan serat dalam manfaat nasi jagung juga dipercaya mampu mengurangi kemungkinan Irritable Bowel Syndrome (IBS) dan diare.
  • Menurunkan risiko penyakit kanker
Kandungan serat dalam nasi jagung mampu menurunkan risiko terjadinya kanker usus besar. Selain itu, nasi jagung juga kaya akan kandungan asam fenolik, yaitu senyawa ferulic yang menjadi agen anti kanker. Dimana senyawa ini telah terbukti efektif dalam memerangi tumor pada kanker payudara dan kanker hati. Kandungan anthocyanin yang terdapat dalam nasi jagung juga mampu memerangi radikal bebas yang menjadi pemicu penyebab kanker.
  • Menjaga kesehatan tulang
Kandungan kalsium, fosfor, serta magnesium dalam dalam nasi jagung dapat membantu menjaga kesehatan tulang. Dengan mengatur pertumbuhan tulang secara normal serta menaikkan tingkat kekuatannya.
  • Mencegah terjadinya anemia
Kandungan zat besi dalam olahan jagung dapat membantu mencegah anemia, karena senyawa ini mampu membantu produksi sel-sel darah merah dalam tubuh.
  • Menjaga kesehatan fungsi ginjal
Kandungan mineral seperti forfor dalam manfaat nasi jagung juga sangat penting untuk menjaga kinerja fungsi organ ginjal agar tetap dalam kondisi normal.

Nasi jagung juga sangat baik untuk mereka yang menderita dibates, hal ini dikarenakan Jagung merupakan salah satu sumber karbohidrat yang baik bagi tubuh. Jagung juga mengandung serat yang cukup, sehingga Anda yang mempunyai diabetes tidak perlu khawatir memakannya. Serat dapat membantu tubuh melepaskan glukosa sebagai sumber energi secara perlahan. Sehingga, gula darah tidak langsung naik setelah makan jagung. Jadi, tak heran jika banyak orang mengatakan bahwa nasi jagung bisa membantu mengontrol gula darah lebih baik dibandingkan makan nasi putih.
Jika dibandingkan dengan nasi putih, jagung memiliki kalori yang lebih sedikit. Dalam 100 gram jagung terkandung 140 kalori, sedangkan 100 gram nasi putih memiliki kalori sebanyak 175 kalori. Jadi, Anda bisa makan nasi jagung dengan porsi lebih banyak tapi dengan kalori yang sama banyaknya dengan nasi putih yang porsinya lebih sedikit. Dengan begitu, asupan kalori dan nafsu makan Anda akan lebih terkontrol.
Tuhkan, ternyata banyak sekali manfaat dari nasi jagung ya gaes...
Semoga Artikel ini membawa manfaat untuk kita semua.
BBC ( Blogger Bengkah Community ).




0 Response to "Nasi Jagung yang sudah mulai langka, Ternayata Menyimpan Beribu manfaat bagi tubuh kita"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel