Pentingnya Bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat


Bengkah.com - Seseorang yang mudah bersosialisasi berarti memiliki  pribadi yang berpikiran terbuka (open mind), memiliki rasa toleransi tinggi sehingga sanggup menerima perbedaan, dan tentunya mudah menerima hal baru. Dengan demikian, ia akan dapat dengan ringan menjalin hubungan baru karena dalam hidupnya segala sesuatu ’baik-baik saja’.

Harus diingat, "baik-baik saja" bukan berarti "tidak ada masala"’, namun yang bersangkutan mampu menanganinya dengan baik. Secara internal, kejiwaannya sehat sehingga defense mechanism-nya bekerja minimal. Memang, tidak ada hidup yang sempurna. Semua pasti punya masalah pribadi. Namun bagi yang berpribadi kuat dan berjiwa sehat, masalah pribadi itu tidak sampai mengemuka ke ranah publik.

Artinya, ia tidak perlu membawa-bawa masalah di rumah ke luar rumah misalnya. Ini tentu akan berimbas pada sifat profesional yang antara lain terwujud dengan sikap menghargai orang lain. Namun di atas itu semua, ia justru lebih menghargai diri sendiri dengan proporsi sepantasnya. Karena bila berlebihan maka ia lantas jatuh lagi pada penyakit kejiwaan lain yaitu narcissisme.

Manfaat bersosialisasi tentu banyak, karena bagaimanapun kita sebagai manusia memang membutuhkan orang lain. Akan tetapi, kerap kali dalam hidup kita dapati orang-orang yang tidak mau bersosialisasi. Mereka seolah tidak membutuhkan orang lain. Padahal, sebenarnya itu mereka lakukan karena takut masalah pribadi mereka yang disimpan rapat di ranah privatnya terekspos ke ranah publik.

Di sini kita sering lupa, bahwa kita sendiri sebenarnya berhak menentukan sampai seberapa jauh orang lain dapat masuk ke ranah privat kita, tanpa harus menghindarinya sama sekali. Karena bila kita menolak sama sekali orang lain masuk, maka kita menjadi makhluk asosial yang aneh. Dengan pengertian itu, maka seharusnya kita tahu bahwa orang lain yang terhubung ke kita memiliki tingkatan. Ada yang kita anggap bak saudara sendiri, sahabat, karib, teman dekat, teman kantor, teman organisasi, teman bisnis, teman biasa, teman masa sekolah, pacar, pasangan hidup, temannya teman, atau sekedar pernah ketemuItu semua sebetulnya cuma menunjukkan kalau kita sejatinya bisa punya banyak kategori teman. Tapi mereka yang asosial rupanya beranggapan hanya ada satu jenis teman dan itu berbahaya karena akan masuk ke ranah privat mereka. Padahal, bersosialisasi akan memudahkan membentuk jejaring. Dan mereka yang pandai berjejaring, bisa dipastikan lebih mudah meraih kesuksesan dalam hidup.

Teman atau jaringan yang kita punya akan menolong kita tanpa pamrih. Kalaupun ada imbalan yang diberikan, sifatnya mutualisme atau sama-sama untung. Dalam segala hal di kehidupan, makin banyak teman maka akan makin mudah seseorang mencapai kebutuhannya. Misalnya saja saat butuh tiket pesawat murah, kalau punya teman di maskapai penerbangan atau agen perjalanan tentu Anda akan dibantu mencarikannya tanpa jasa tambahan.

BBC (Blogger Bengkah Community )

0 Response to "Pentingnya Bersosialisasi dalam kehidupan bermasyarakat"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel