Ketika Kambing Cacingan, Berilah Obat ini



Bengkah.com - Sahabat pembaca website dukuh bengkah yang budiman, mungkin juga memiliki ternak kambing, Pada artikel sebelumnya kita telah membahas artikel tentang penyakit yang terjadi pada kambing, yaitu ketika kambing sakit kembung, dengan judul Mengatasi Perut Kembung Pada Kambing, dan pada artikel kali ini kita akan membahas bagaiamana kalau kambing sakit Cacingan?? lalu obatnya apa saja ??


Penyakit cacingan pada kambing biasanya disebabkan oleh beberapa faktor diantaranya karena kondisi kandang yang kotor atau padang pengembalaan yang kotor. Cacing yang banyak ditemukan pada kambing yang terkena penyakit cacingan adalah cacing Haemonchus contortusi. Cacing ini hidup sebagai parasit di daerah pencernaan kambing dan menghisap sari makanan, cairan tubuh dan darah, dan mengeluarkan racun yang berdampak pada kambing menjadi lemah dan lesu.


Tanda-tanda Kambing Yang Terkena Cacingan :
  1. Kambing akan terlihat kurus, lemah, pucat, bulu berdiri dan kusam.
  2. Kambing mengalami diare, nafsu makan sangat berkurang, perut membesar dan produksi susu menurun.
  3. Daerah rahang terkesan membengkak Mati mendadak

Obat Herbal Untuk Kambing Yang Terkena Penyakit Cacingan:
  1. Buah pinang / jambe 2 buah yang telah dijemur hingga kering dan ditumbuk halus lalu diaduk dengan gula jawa dan dibentuk pellet/butiran. Pemberian ini diberikan dengan cara dicekokkan.
  2. Daun tembakau 5 lembar dilumatkan / ditumbuk , lalu tambahkan air secukupnya dan disaring.
    Air hasil  saringannya diminumkan pada kambing yang sakit
  3. Serbuk getah papaya muda dicampur air dengan perbandingan 1 : 5 hingga terbentuk suspensi. Suspensi getah papaya ini diminumkan atau dicekokkan dengan memakai selang supaya langsung masuk ke dalam perut. Pemberian kurang lebih1,2 gr/Kg berat badan.
  4. Tepung buah pinang dicampur dengan nasi hangat dikepal-kepal kemudian dipaksakan untuk dimakan kambing. Sebaiknya kambing dianjurkan untuk dipuasakan terlebih dahulu.
  5. Daun kelor yang sudah tua dibakar, kemudian debunya dicampur air dan diminumkan. Pengobatan diulangi satu minggu kemudian.

Cara Pencegahannya adalah sebagai berikut :
  1. Kandang dibuat panggung dan dibersihkan secara rutin
  2. Mencari rumput ( Ngarit ) setelah kondisi panas yaitu pada jam 12.00-15.00 atau pengembalaan kambing pada siang hari jam 10.00-15.00.
  3. Jangan menggembalakan kambing pada daerah rawa, sungai dan sawah.
Demikian Artikel ini semoga bisa membawa manfaat untuk kita semua dan kambing - kambing yang kita miliki sehat selalu.
BBC ( Blogger Bengkah Community ).

0 Response to "Ketika Kambing Cacingan, Berilah Obat ini"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel