BID’AH, JUSTRU DIPUJI ALLAH AZZA WA JALLA

Foto : KH.Muhammad Muslih 
Bengkah.com - Bid’ah kata sebagian orang suatu amalan yang tidak pernah dilakukan dan diperintahkan oleh Nabi Muhammad , kata mereka tidak ada paket dari Rasulullah , dan masih kata mereka bid’ah itu hanya satu; bid’ah munkaroh, dan setiap bid’ah pasti dholalah, sesat!, setiap yang sesat pasti neraka kaplingnya, iihh, ngeri!!!.
Pastinya gimana ya bid’ah itu, aku sendiri sedang ngaji dan belajar sampai hari ini masih belum mudeng tentang bid’ah, masih kosong melompong.
Tapi kalau bid’ah seperti yang dikatakan seperti diatas, kenapa ya ada beberapa sahabat yang mengamalkan sesuatu tanpa sepengetahuan Nabi Muhammad ?, bahkan justru mendapat pujian dari Sang Pengutus Nabi Muhammad , yaitu Sang Kholiqul Kholaiq, Sang pecipta alam semesta ini, Allah Jalla Jalaluh.
Masak iya amalan sahabat tanpa diketahui oleh Nabi?, nggak percaya ya sudah, tapi monggo perhatikan tersebut dibawah ini :
Monggo perhatikan dengan jeli, teliti, seksama dan jernih hati hadits riwayat Imam Ahmad dan Ibnu Khuzaimah dibawah ini :
عن عُوَيم بن ساعدة الأنصاري: أَنَّهُ صَلَّى اللَّه عَلَيْهِ وَسَلَّمَ أَتَاهُمْ فِي مَسْجِد قُبَاءَ فَقَالَ :إنَّ اللَّه تَعَالَى قَدْ أَحْسَنَ عَلَيْكُمْ الثَّنَاءَ فِي الطَّهُور فِي قِصَّة مَسْجِدِكُمْ فَمَا هَذَا الطَّهُورُ الَّذِي تَطَّهَّرُوْنَ بِهِ؟ قَالُوْا : وَاَللَّهِ يَا رَسُولَ اللَّهِ مَا نَعْلَمُ شَيْئًا إلَّا أَنَّهُ كَانَ لَنَا جِيْرَانٌ مِنْ الْيَهُوْدِ وَكَانُوْا يَغْسِلُوْنَ أَدْبَارهمْ مِنْ الْغَائِطِ فَغَسَلْنَا كَمَا غَسَلُوْا. رواه أحمد وابن خُزيمة في صحيحه وَفِي حَدِيث رَوَاهُ الْبَزَّار:فَقَالُوا نَتْبَع الْحِجَارَة بِالْمَاءِ "فَقَالَ هُوَ ذَاكَ فَعَلَيْكُمُوهُ"
“Dari Uwaim bin Saidah Al-Anshori ra. : Bahwasannya Nabi  mendatangi penduduk Quba’ di masjid Quba’, beliau bersabda : Sesungguhnya Allah telah membaguskan pujian-Nya kepada kalian dalam bersuci (dari najis) yang dikisahkan di masjid kalian ini, apa sebenarnya tentang beruci yang kalian lakukan?, mereka menjawab : Demi Allah ya Rasulallah, kami tidak tahu menahu tentang  apa-apa, hanya saja kita punya tetangga seorang Yahudi, mereka membasuh (dengan air) dari dubur-dubur (kemaluan) mereka dari jamban (WC), kemudian kita ikut membasuh separtri halnya mereka membasuh dengan air” 
HR Imam Ahmad dan Imam Khuzaimah, dan ia menshahihkan hadits ini, Dalam hadits Imam Bazzar ada tambahan : “Maka kita mengiringi bersuci dengan batu, kemudian dengan air, maka Nabi bersabda : Begitulah cara yang baik, dan langgengkanlah!”
Dan pujian Allah Jalla Jalaluh wa Azza Dzikruh adalah sebagaimana bunyi ayat 108, surat At-Taubah, berikut ini :
فِيْهِ رِجَالٌ يُحِبُّونَ أَنْ يَتَطَهَّرُوْا وَاللَّهُ يُحِبُّ الْمُطَّهِّرِيْنَ
“Di dalamnya mesjid itu ada orang-orang yang ingin membersihkan diri. Dan sesungguhnya0020r5t/.poAllah menyukai orang-orang yang bersih”
Dari hadits diatas dapat diambil pelajaran bahwa :
1. Membasuh, bersuci dengan air sebelum ayat ini turun tidak dikenal dikalangan para sahabat, mereka mengenal sebagaimana yang diajarkan Nabi, yaitu bersuci dengan cara istinja’, yaitu mengusap dubur dan qubul (kemaluan) dengan batu yang suci tiga kali usapan,
2. Mengamalkan suatu amalan tidak harus terlebih dahulu dipaketkan oleh Nabi, asal baik dan tidak bertentangan dengan syari’at boleh diamalkan,
3. Mengamalkan suatu amalan, sebelum mendapatkan ketetapan dari Rasulullah , asal tidak bertentangan dengan syari’at diperbolehkan,
4. Mengamalkan suatu amalan yang berasal dari non muslim, Yahudi dan lainnya diperbolehkan sepanjang tidak bertentangan dengan syari’at islam.
Dari sini jelas bersuci dari najis, atau dikenal dikalangan kita dengan cebok, cewok dengan air pada awal islam belum dan bahkan tidak dikenal, mereka baru mengenal setelah ayat 108, surat At-Taubah itu turun dan Rasulullah  menanyakan kepada penduduk Quba’, setelah mendapatkan jawaban ahli Quba’ baru Rasulullah  memerintahkan untuk melakukannya dengan langgeng (Begitulah cara yang baik, dan langgengkanlah!).
Dengan begitu amalan ahli Quba’ bersuci dengan air itu, tidak atas petunjuk dari Rasulullah , pertanyaan besarnya apakah perbuatan ini termasuk Bid’ah Dholalah, karena tidak ada paket dari Rasulullah , atau yang seperti yang dikatakan para ulama Salafuna As-Sholihin Bid’ah tapi Hasanah?
Monggo dirunut, digaleh….direnungkan…. dipikirkan sendiri, secara jeli….teliti dan akurat!

والله أعلم بالصواب وهو الموفق الى أقوم الطريق والهادي الى سواء السبيل

dikutip dari status facebook Romo KH.Hanif Muslih , Pengasuh Ponpes. Futuhiyyah Mraggen.
BBC ( Blogger Bengkah Community )

0 Response to "BID’AH, JUSTRU DIPUJI ALLAH AZZA WA JALLA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel