Mengatasi Perut Kembung Pada Kambing


Bengkah -  Kambing, siapa sih yang tidak kenal hewan ternak ini? , warga dukuh bengkah kebanyakan memiliki kambing lho gues... tapi ketika kembing sakit sebaiknya apa yang kita lakukan dan bagaimana cara mengobatinya? misalnya pada artikel kali ini kita akan membahas saat perut si kambing kembung, di kerokin bisa gak ya? hehehe.. emang manusia ya gaes...
Salah satu masalah yang cukup berbahaya yang sering dihadapi peternak kambing adalah ketika kambing yang dipeliharanya mengalami “Perut Kembung“. Sebagaimana kembung perut yang sering dialami manusia, ternak kambing juga kadangkala mengalami masalah ini. Gangguan perut kembung pada kambing merupakan salah satu masalah serius yang sering dialami peternak, karena perut kembung pada kambing bisa berakibat fatal jika tidak segera ditangani dengan baik. Masalah kembung perut pada ternak kambing dapat mengakibatkan kematian dengan cepat. Ternak kambing bisa mati hanya dalam waktu yang cukup singkat yaitu antara 1 – 2 jam setelah kambing mengalami gejala perut kembung.
Kembung (bloat) dikarenakan oleh penimbunan gas dalam perut dampak proses fermentasi berlangsung cepat. Tingginya akumulasi gas menekan organ dalan tubuh sehingga mengakibatkan kesakitan, pernapasan dengan mulut terbuka atau frekuensi pernapasan tinggi, dan frekuensi buang air besar dan kencing meningkat. Agar hewan ternak kambing anda tidak mengalami perut kembung, hindari pemberian pakan kambing sebagai berikut :
  1. Pakan hijauan yang masih terlalu muda, banyak mengandung air atau terlalu basah, baik terkena air hujan atau embun. Maka sebaiknya kambing diberi pakan hijauan yang telah kering dari embun pagi.
  2. Pakan dari bahan pakan yang mudah dan cepat mengalami pembusukan seperti kol, lobak dan wortel secara berlebihan.
  3. Pakan biji-bijian yang tergiling halus terlalu banyak, tetapi kuarang mendapat hijauan berserat.
  4. Pakan leguminosa (daun kacang-kacangan) terlalu berlebihan. Bila kondisi memaksa, hijauan sebaiknya diberi percikan minyak kelapa.
Tanda-tandaKambing Mengalami Perut Kembung antara lain:
  1. Kambing merasa gelisah, sakit, dan susah bernapas. Perut tahap kiri mengalami pembesaran yang bila ditepuk akan berbunyi seperti bedug/gendang.
  2. Punggung membungkuk, denyut jantung melemah, selaput lender mulut kebiruan.
  3. Kambing jatuh dan susah bangun lagi, bila dibiarkan ternak bisa mati mendadak.
Untuk Pengobatan Herbal (Jamu) yang bisa diberikan untuk Kambing Perut Kembung antara lain:
  1. Minyak nabati (minyak kelapa, minyak kedelai, atau minyak sawit) kurang lebih  100-200 ml (kurang lebih ½ – 1 gelas) dengan cara dicekok.
  2. Kambing dicekok 200 cc “Sprite/soda”, lalu perut yang kembung sebelah kiri dibalur dengan bawang merah halus yang telah dicampur dengan minyak angina. Bila angina telah keluar melewati anus, kedua kaki depan diangkat ke atas sambil sisi perut dijepit dengan kaki kita. Mulut kambing harus dalam kondisi terbuka, dengan cara mulut kambing disumbat dengan kayu/paralon dengan cara melintang dan usahakan kambing tetap berdiri. Dengan cara tersebut semua timbunan gas dalam perut bakal keluar.
  3.  Bagian anus kambing ditusuk dengan tangkai daun papaya yang ujungnya telah diolesi minyak goreng supaya tak melukai dinding anus. Setelah itu kedua sisi perut kambing dijepit jadi gas akan keluar melewati tangkai daun papaya.
  4. Berikan Mylanta cair dengan dosisi 1 ml / 1 kg bb, apabila parah dosis bisa di tingkatkan 2 kali lipat. mylanta di campur dengan air matang 1:10

    Sekian artikel tentang mengobati kambing yang sakit perut, semoga bermanfaat dan kambingnya sehat lagi. Amiin

    BBC ( Blogger Bengkah Community )



0 Response to "Mengatasi Perut Kembung Pada Kambing"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel