Setiap 12 November Diperingati Hari Ayah Nasional, Ternya ini sejarahnya



Bengkah -  Jika kita mengakses google hari ini , Selasa (12/11/21019) gambar yang muncul adalah seperti di atas, gambar tersebut ternyata adalah simbol untuk memperingati Hari Ayah Nasional, ternyata selain hari ibu ada hari ayah juga ya.



Awalnya, tahun 2014, PPIP mengadakan peringatan Hari Ibu di Solo dengan cara mengadakan Sayembara Menulis Surat untuk Ibu. Acara ini disambut antusias oleh peserta sehingga menanyakan kapan peringatan yang sama untuk Ayah digelar.

Hingga pada 12 November, Perkumpulan Putra Ibu Pertiwi menggelar deklarasi Hari Ayah untuk Indonesia dan menetapkan tanggal tersebut sebagai Peringatan Hari Ayah Nasional. Deklarasi tersebut digabung dengan hari kesehatan dengan mengambil semboyan ‘Semoga Bapak Bijak, Ayah Sehat, Papah Jaya'.

Deklarasi Hari Ayah juga dilakukan di Maumere, Flores, NTT. Dalam deklarasi itu juga diluncurkan buku ‘Kenangan untuk Ayah’ yang berisi 100 surat anak Nusantara yang diseleksi dari Sayembara Menulis Surat untuk Ayah. Selepas deklarasi, mereka mengirimkan buku tersebut dan piagam deklarasi Hari Ayah kepada Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) serta bupati di 4 penjuru Indonesia yakni Sabang, Merauke, Sangir Talaud dan Pulau Rote.

Usai deklarasi ini, setiap tanggal 12 November ditetapkan sebagai Hari Ayah Nasional. Selain Indonesia, negara-negara lain juga merayakan Hari Ayah hanya waktunya yang berbeda. Lebih dari 75 negara merayakan peringatan ini yakni AS, Kanada, Jerman, Italia, Jepang, Belanda, Turki, Pakistan, Malaysia, Singapura, Taiwan, Filipina, dan Hong Kong. Perayaan Hari Ayah di negara-negara tersebut jatuh pada hari minggu di pekan ketiga bulan Juni dan dirayakan hampir di seluruh dunia sejak awal abad ke -12. Di beberapa negara Eropa dan Timur Tengah, Hari Laki-Laki Internasional diperingati setiap 19 November. Untuk Indonesia sendiri, Google meramaikan perayaan Hari Ayah Nasional melalui ilustrasi doodlenya.

Untuk teman - teman pembaca bengkah.com  yang budiman bagi yang masih mempunyai ayah, ayok pada sungkem dengan ayah kita , cium tangan bolak balik tangan ayah kita, karena dengan kerja keras tangan beliau kita bisa menjadi orang yang seperti saat ini.

BBC ( Blogger Bengkah Community )


0 Response to "Setiap 12 November Diperingati Hari Ayah Nasional, Ternya ini sejarahnya"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel