Abah Hanif Muslih Mranggen | Korban Covid 19 termasuk orang yang mati shahid


Bengkah.com - pembaca yang budiman, semoga senantiasa diberi kesehatan oleh Allah SWT, di masa pandemi seperti ini jangan lupa untuk selalu menjaga kesehatan dan kebersihan. jangan lupa pula untuk selalu memanjatkan do'a Kepada Allah SWT agar pandemi ini segera berakhir.

pada artikel sore ini kita akan mengangkat dari status Facebook Abah Kyai Hanif Muslih Mranggen, yang dalam status nya beliau menulis tentang korban wabah corona (covid 19). berikut status beliau.

Siapakah sejatinya mereka yang mati syahid itu, adakah orang yang mati karena terjangkit atau terpapar penyakit covid 19, boleh dikatagorikan sebagai syahid, sebelum menjawab pertanyaan diatas, mari kita perhatikan hadits-hadits berikut :
1. Hadits Abu Hurairah ra., diriwayatkan oleh Imam Muslim (3539 & 5050), Ahmad (8078 & 22737), Bazzar (2539 & 9852) dan Thobrony (5992, 5993 & 14583) :

قَالَ رَسُولُ اللهِ  : مَا تَعُدُّونَ الشَّهِيْدَ فِيْكُمْ؟ قَالُوْا: يَا رَسُولَ اللهِ مَنْ قُتِلَ فِى سَبِيلِ اللهِ فَهُوَ شَهِيْدٌ، قَالَ : إِنَّ شُهَدَاءَ أُمَّتِىْ إِذًا لَقَلِيلٌ، قَالُوْا : فَمَنْ هُمْ يَا رَسُولَ اللهِ؟، قَالَ : مَنْ قُتِلَ فِى سَبِيلِ اللهِ فَهُوَ شَهِيْدٌ وَمَنْ مَاتَ فِى سَبِيلِ اللهِ فَهُوَ شَهِيْدٌ وَمَنْ مَاتَ فِى الطَّاعُوْنِ فَهُوَ شَهِيْدٌ وَمَنْ مَاتَ فِى الْبَطْنِ فَهُوَ شَهِيدٌ، قَالَ ابْنُ مِقْسَمٍ أَشْهَدُ عَلَى أَبِيكَ فِى هَذَا الْحَدِيْثِ أَنَّهُ قَالَ : وَالْغَرِيْقُ شَهِيْدٌ 

Artinya :
“ Bertanya Rasulullah saw. : Siapa yang kalian hitung sebagai syahid diantara kalian?, pata sahabat menjawab : Ya rasulullah, yaitu mereka yang mati karena menegakkan agama Allah, itu sebagai syahid, Rasulullah bersabda : Jika demikian maka orang-orang yang mati syahid sedikit!., para shabat bertanya : siapa mereka ya Rasulullah?, beliau menjawab : (mereka) yaitu orang yang  dibunuh karena menegakkan agama Allah (jihad), itu sebagai syahid, dan orang yang mati karena menegakkan agama Allah, itu sebagai syahid, dan orang yang mati karena sakit muntah berak (muntaber), itu sebagai syahid, dan orang yang mati karena sakit perut (diare), itu sebagai syahid, (ubaid) ibn Miqsam berkata : aku menyaksikan bapak dalam meriwayatkan hadits ini, bahwasannya Rasulullah (juga) bersabda : orang yang karam termasuk syahid ”
2. Hadits Uqbah ibn Amir Al-Juhany ra., diriwayatkan oleh Imam Nasa’ie (3163, 4356. 4371 & 4376) dan Thobrony (14319) :

أَنَّ رَسُوْلَ اللهِ  قال : خَمْسٌ مَنْ قُبِضَ فِي شَيْءٍ مِنْهُنَّ فَهُوَ شَهِيْدٌ : الْمَقْتُولُ فِي سَبِيْلِ اللهِ شَهِيْدٌ وَالْغَرِيقُ فِي سَبِيلِ اللهِ شَهِيْدٌ وَالْمَبْطُوْنُ فِي سَبِيْلِ اللهِ شَهِيْدٌ وَالْمَطْعُوْنُ فِي سَبِيْلِ اللهِ شَهِيْدٌ وَالنُّفَسَاءُ فِي سَبِيْلِ اللهِ شَهِيدٌ

Artinya :
“ Sesungguhnya Rasulullah saw. bersabda : Lima perkata, jika seseorang meninggal karena salah satu dari lima itu ia tergolong mati syahid (yaitu): Orang yang terbunuh dalam menegakkan agama Allah (jihad), orang yang karam karena menegakkan agama Allah, termasuk syahid, orang sakit perut (diare) karena menegakkan agama Allah, termasuk syahid, orang sakit muntaber karena menegakkan agama Allah, termasuk syahid, orang-orang yang nifas karena menegakkan agama Allah, termasuk syahid  ”
3. Hadits Jabir ibn Atik ra., diriwayatkan oleh Imam Abu Dawud (3111 & 3113), Nasa’ie (1846, 1984 & 7487), Ahmad (23804) Ibnu Hibban (3189 & 3190), Hakim (1300) dan Thobrony (1755) :

قَالَ رَسُولُ اللهِ  : الشَّهَادَةُ سَبْعٌ سِوَى الْقَتْلِ فِى سَبِيْلِ اللهِ : الْمَطْعُونُ شَهِيْدٌ وَالْغَرِقُ شَهِيدٌ وَصَاحِبُ ذَاتِ الْجَنْبِ شَهِيْدٌ وَالْمَبْطُونُ شَهِيْدٌ وَصَاحِبُ الْحَرِيقِ شَهِيْدٌ وَالَّذِى يَمُوتُ تَحْتَ الْهَدْمِ شَهِيْدٌ وَالْمَرْأَةُ تَمُوتُ بِجُمْعٍ شَهِيْدٌ

Artinya :
“Bertanya Rasulullah saw. : Orang mati syahid itu ada tujuh, kecuali yang mati karena menegakkan agama Allah, yaitu : Orang yang sakit muntaber, itu termasuk syahid, orang yang mempunyai sakit perut (diare), itu termasuk syahid, orang yang mempunyai sakit di lambung, itu termasuk syahid, orang yang mempunyai sakit perut (diare), itu termasuk syahid, orang yang mati karena kebakaran, itu termasuk syahid, orang yang mati karena tertimpa reruntuhan, itu termasuk syahid, perempuan yang mati karena nifas, itu termasuk syahid ”
4. Hadits Said ibn Zaid ra., diriwayatkan oleh Imam Bukhori (2480), Muslim (378), Abu Dawud  (47741), Turmudzi (1419 & 1421), Nasa’ie (4087 & 4089) :

قَالَ النَّبِىُّ  : « مَنْ قُتِلَ دُونَ مَالِهِ فَهُوَ شَهِيدٌ وَمَنْ قُتِلَ دُونَ أَهْلِهِ أَوْ دُونَ دَمِهِ أَوْ دُونَ دِينِهِ فَهُوَ شَهِيدٌ »

Artinya :
“ Bersabda Nabi saw. : Orang yang terbunuh karena membela hartanya, termasuk syahid, orang yang terbunuh karena membela keluarganya, termasuk syahid, orang yang terbunuh karena membela dirinya, termasuk syahid, orang yang terbunuh karena membela agamanya, termasuk syahid ”
Hadits-hadits diatas menunjukkan bahwa, orang yang meninggal disebabkan karena hal-hal diatas, oleh Rasulullah saw. dikatagorikan sebagai orang-orang yang mati syahid, akan tetapi syahid yang dimaksudkan disini adalah syahid akhirat, artinya mereka kelak pada hari kiamat akan mendapatkan balasan masuk sorga secara langsung, sementara hukum di dunianya mereka tetap wajib harus dimandikan, dikafankan dan dishalatkan, sebagaimana lazimnya orang-orang muslim lainnya.

Imam Jalaluddin As-Suyuthi menggolongkan orang-rang yang masuk katagori ini ada sekitar 30 (tiga puluh) orang syahid, diantara mereka adalah yang sudah masuk dalam hadits-hadits diatas , sementara itu Dr. Taqiyyuddin An-Nadawy, guru besar dalam ilmu hadits di Universitas Uni Emirat Arab menandaskan bahwa syahid akhirat ada sekitar 45, sebagaimana dituturkan dalam mentahqiq hadits diatas, sebagai berikut :

قَدْ وَرَدَ فِي الأَخْبَارِ عَدَدٌ كَثِيْرٌ لِمَنْ يَجِدُ ثَوَابَ الشَّهَادَةِ؛ فَمِنْ ذَلِكَ : 
1.  اَلْمُقَاتِلُ [فِي الأَصْلِ اَلْقَاتِلُ وَهُوَ خَطَأٌ] اَلْمُجَاهِدُ وَهُوَ أَعْلَى الشُّهَدَاءِ، 
2. وَالْمَطْعُوْنُ، 3. وَالْمَبْطُوْنُ، 4. وَالْغَرِيْقُ، 5. وَصَاحِبُ ذَاتِ الْجَنْبِ،  
6. وَالْحَرِيْقُ، 7. وَالَّتِيْ تَمُوْتُ بِجُمَعٍ، 8. وَالَّذِيْ يَمُوْتُ بِهَدْمٍ، 9. وَمَنْ يَقْصُدُ اَلشَّهَادَةَ وَيَعْزِمُ عَلَيْهِ وَلاَ يَتَّفِقُ لَهُ ذَلِكَ كَمَا هُوَ ثَابِتٌ فِي حَدِيْثَي الْبَابِ، 10. وَصَاحِبُ السِّلِّ أَخْرَجَهُ أَحْمَدُ مِنْ حَدِيْثِ رَاشِدٍ بْنِ خُنَيْسٍ وَالطَّبْرَانِيِّ مِنْ حَدِيْثِ سَلْمَانَ، 11. وَالْغَرِيْبُ أَيِ الْمُسَافِرُ بِأَيِّ مَرَضٍ مَاتَ أَخْرَجَهُ اِبْن مَاجَهَ مِنْ حَدِيْثِ اِبْنِ عَبَّاسٍ وَالْبَيْهَقِيُّ في " الشُّعَبِ " مِنْ حَدِيْثِ أَبِيْ هُرَيْرَةَ وَالدَّارُقُطْنِيُّ مِنْ حَدِيْثِ ابْنِ عُمَرَ وَالصَّابُوْنِيًّ فِيْ الْمِائَتَيْنِ مِنْ حَدِيْثِ جَابِرٍ وَالطَّبْرَانِيُّ مِنْ حَدِيْثِ عَنْتَرَةَ، 12. وَصَاحِبُ الْحُمَىْ أَخْرَجَهُ اَلدَّيْلَمِيُّ مِنْ حَدِيْثِ أَنَسٍ، 13. وَاللَّدِيْغُ، 14. وَالشَّرِيْقُ، 15. وَالَّذِيْ يَفْتَرِسُهُ اَلسَّبُعُ، 16. وَالْخَارُ عَنْ دَابَّتِهِ رَوَاهَا اَلطَّبْرَانِيُّ مِنْ حَدِيْثِ ابْنِ عَبَّاسٍ، 17. وَالْمُتَرَدِّيْ أَخْرَجَهُ اَلطَّبَرَانِيُّ مِنْ حَدِيْثِ ابْنِ مَسْعُوْدٍ، 18. وَالْمَيِّتُ عَلَىْ فِرَاشِهِ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ رَوَاهُ مُسْلِمٌ مِنْ حَدِيْثِ أَبِيْ هُرَيْرَةَ 19. وَالْمَقْتُوْلُ دُوْنَ ماله، 20, وَالْمَقْتُوْلُ دُوْنَ دِيْنِهِ، 21. وَالْمَقْتُوْلُ دُوْنَ دَمِهِ، 22. وَالْمَقْتُوْلُ دُوْنَ أَهْلِهِ أَخْرَجَهُ أَصْحَابُ السُّنَنِ مِنْ حَدِيْثِ سَعِيْدِ بْنِ زَيْدٍ، 23. أَوْ دُوْنَ مَظْلَمِتِهِ أَخْرَجَهُ أَحْمَدُ مِنْ حَدِيْثِ ابْنِ عَبَّاسٍ، 24. وَالْمَيِّتُ فِي السِّجْنِ وَقَدْ حُبِسَ ظُلْمًا رَوَاهُ اِبْنُ مَنْدَةَ مِنْ حَدِيْثِ عَلِيٍّ، 25. وَالْمَيِّتُ عَشْقًا وَقَدْ عَفَّ وَكُتِمَ أَخْرَجَهُ اَلدَّيْلَمِيُّ مِنْ حَدِيْثِ ابْنِ عَبَّاسٍ، 26. وَالْمِيِّتُ وَهُوَ طَالِبُ الْعِلْمِ أَخْرَجَهُ اَلْبَزَّارُ مِنْ حَدِيْثِ أَبِيْ ذَرٍّ وَأَبِيْ هُرَيْرَةَ، 27. وَالْمَرْأَةُ فِيْ حَمْلِهَا إِلَىْ وَضْعِهَا إِلَىْ فِصَالِهَا مَاتَتْ بَيْنَ ذَلِكَ أَخْرَجَهُ أَبُوْ نَعِيْمٍ مِنْ حَدِيْثِ ابْنِ عُمَرَ، 28. وَالصَّابِرُ اَلْقَائِمُ بِبَلَدٍ وَقَعَ بِهِ اَلطَّاعُوْنَ أَخْرَجَهُ أَحْمَدُ مِنْ حَدِيْثِ جَابِرٍ، 29. وَالْمُرَابِطُ فِيْ سَبِيْلِ اللهِ، 30. وَمَنْ قُتِلَ بِأَمْرِ الإِمَامِ اَلْجَائِرِ بِالْمَعْرُوْفِ وَنَهْيِهِ عَنِ الْمُنْكَرِ، 31. وَمَنْ صَبَرَ مِنَ النِّسَاءِ عَلَى الْغِيْرَةِ أَخْرَجَهُ اَلْبَزَّارُ وَالطَّبْرَانِيُّ مِنْ حَدِيْثِ ابِنِ مَسْعُوْدٍ، 32. وَمَنْ قَالَ كُلَّ يَوْمٍ خَمْسًا وَعِشْرِيْنَ مَرَّةً : اَللَّهُمَّ بَارِكْ لِيْ فِي الْمَوْتِ وَفِي مَا بَعْدَ الْمَوْتِ أَخْرَجَهُ اَلطَّبْرَانِيُّ مِنْ حَدِيْثِ عَائِشَةَ، 33. وَمَنْ صَلَّىْ اَلضُّحَىْ وَصَامَ ثَلاَثَ أَيَّامٍ مِنَ الشَّهْرِ وَلَمْ يَتْرُكْ اَلْوِتْرَ فِي السَّفَرِ وَلاَ الْحَضَرِ أَخْرَجَهُ اَلطَّبْرَانِيُّ مِنْ حَدِيْثِ اِبْنِ عُمَرَ، 34. وَالْمُتَمَسِّكُ بِالسُّنَّةِ عِنْدَ فَسَادِ الأُمَّةِ أَخْرَجَهُ اَلطَّبْرَانِيُّ مِنْ حَدِيْثِ أَبِيْ هُرَيْرَةَ، 35. وَالتَّاجِرُ اَلأَمِيْنُ اَلصَّدُوْقُ أَخْرَجَهُ اَلْحَاكِمُ مِنْ حَدِيْثِ اِبْنِ عُمَرَ، 36. وَمَنْ دَعَا فِيْ مَرَضِهِ أَرْبَعِيْنَ مَرَّةً : لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ سُبْحَانَكَ إِنِّيْ كُنْتُ مِنَ الظَّالِمِيْنَ ثُمَّ مَاتَ أَخْرَجَهُ اَلْحَاكِمُ مِنْ حَدِيْثِ سَعْدٍ، 37. وَجَالِبُ طَعَامٍ إِلَىْ بَلَدٍ أَخْرَجَهُ اَلدَّيْلَمِيُّ مِنْ حَدِيْثِ اِبْنِ مَسْعُوْدٍ، 38. اَلْمُؤَذِّنُ اَلْمُحْتَسِبُ أَخْرَجَهُ اَلطَّبْرَانِيُّ مِنْ حَدِيْثِ اِبْنِ عُمَرَ، 39. وَمَنْ سَعَىْ عَلَىْ إِمْرَأَتِهِ أَوْ مَا مَلَكَتْ يَمِيْنُهُ يُقِيْمُ فِيْهِمْ أَمْرَ اللهِ وَيُطْعِمُهُمْ مِنَ الْحَلاَلِ، 40. وَمَنْ اِغْتَسَلَ بِالثَّلْجِ فَأَصَابَهُ بَرْدٌ، 41. وَمَنْ صَلَّىْ عَلَى النَّبِيِّ  مِائَةَ مَرَّةٍ أَخْرَجَ اَلأَوَّلَ اِبْنُ أَبِيْ شَيْبَةَ فِي " الْمُصَنِّفِ " عَنِ الْحَسَنِ وَالثَّانِيَّ اَلطَّبْرَانِيُّ فِي " الأَوْسَطِ" مِنْ حَدِيْثِ أَنَسٍ، 42. وَمَنْ قَالَ حِيْنَ يُصْبِحُ وَيُمِسِيْ :"اَللَّهُمَّ إِنِّيْ أُشْهِدُكَ أَنَّكَ أَنْتَ اللهُ اَلَّذِيْ لاَ إِلَهَ إِلاَّ أَنْتَ وَحْدَكَ لاَ شَرِيْكَ لَكَ وَأَنَّ مُحَمَّدًا عَبْدُكَ وَرَسُوْلُكَ أَبُوْءُ بِنِعْمَتِكَ عَلَيَّ وَأَبَوْءُ بِذَنْبِيْ فَاغْفِرْلِيْ إِنَّهُ لاَ يَغْفِرُ الذُّنُوْبَ غَيْرُكَ" أَخْرَجَهُ الأَصِبِهَانِيُّ مِنْ حَدَيْثِ حُذَيْفَةَ، 43. وَمَنْ قَالَ حِيْنَ يُصْبِح ثَلاَثَ مَرَّاتٍ : أَعُوْذُ بِاللهِ السَّمِيْعِ الْعَلِيْمِ مِنَ الشَّيْطَانِ الرَّجِيْمِ وَيَقْرَأُ ثَلاَثَ آيَاتٍ مِنْ سُوْرَةِ الْحَشْرِ أَخْرَجَهُ اَلتُّرْمُذِيُّ مِنْ حَدِيْثِ مَعْقِلٍ، 44. وَمَنْ مَاتَ يَوْمَ الْجُمُعَةِ أَخْرَجَهُ حُمَيْدُ بْنِ مُنْجَوَيْهٍ مِنْ حَدِيْثِ رَجُلٍ مِنَ الصَّحَابَةِ، 45. وَمَنْ طَلَبَ اَلشَّهَادَةَ صَادِقًا أَخْرَجَهُ مُسْلِمٌ، فَهِذِهِ خَمْسَةٌ وَأَرْبَعُوْنَ (45) وَرَدَ فِيْهِمْ أَنًَّ لَهُمْ أَجْرَ الشُّهَدَاءِ {وَبَلَغَ إِلَىْ قَرِيْبٍ مِنْ سِتِّيْنَ، اَنْظُرْ أَوْجَزَ الْمَسَالِكِ : 4 /269}


Artinya :
“ Telah termaktub dalam beberapa hadits jumlah yang banyak bagi orang yang mendapatkan pahala mati syahid, diantaranya adalah : 1. Orang yang berperang/berjihad melawan musuh, ini adalah pahala syahid yang tertinggi, 2. Orang yang terserang penyakit muntah darah (muntaber), 3. Orang yang sakit perut (diare), 4. Orang yang tenggelam, 5. Orang yang sakit lambung, 6, Orang yang terbakar, 7. Perempuan yang mati dalam nifas, 8. Orang yang tertimpa bangunan,9. Orang yang ingin mati syahid, dan dia mencarinya (ikut berperang) dan dia tidak mati dalam medan pertempuran, sebagaimana dua hadits dalam bab, 10. Orang yang mempunyai penyakit tumor diperut, sebagaimana hadits riwayat Imam Ahmad dari Rosyid ibn Khunais dan Imam Thobroni dari Salman, 11. Orang yang hilang (pergi) karena sakit, kemudian mati, sebagaimana yang diriwayatkan Ibnu Majah dari Abdullah ibn Abbas, Baihaqy dalam kitab As-Syuab dari hadirs Abi Hurairah, Imam Ad-Daruquthny dari Abdullah Ibnu Umar ra., Imam Ash-Shobuny dalam Fi-l Miatain dari Jabir ra. Dan Imam Thobrony dari Antarah ra. 12. Orang yang sakit panas (demam), hadits Imam Ads-Dailamy dari Anas ra., 13. Orang yang tersengat bisa (ular atau hewan berbisa lain), 14. ... (As-Syarieq) , 15. Orang yang dicengkeram binatang buas, 16. Orang yang jatuh dari tunggangannya, hadits riwayat Imam Thobrony dari Abdullah ibn Abbas ra., 17. Orang yang mati tercebur dalam sumur, hadits riwayat Imam Thobrony dari Abdullah ibn Mas’ud ra., 18. Orang yang mati diatas kasur, yang matinya menegakkan agama Allah, hadits riwayat Imam Muslim dari Abu Hurairah ra., 19. Orang yang mati mempertahankan harta bendanya, 20. Orang yang mati karena mempertahankan agamanya, 21. Orang yang mati karena mempertahankan jiwanya, 22. Orang yang mati karena mempertahankan keluarganya, hadits riwayat Ashab As-Sunan dari Saied ibn Zaed ra., 23. Orang yang mati karena mempertahankan penganiyaan, hadits riwayat Imam Ahmad dari Abdullah ibn Abbas ra., 24. Orang yang mati dalam tahanan, karena teraniaya, hadits riwayat Imam Ibnu Mandah dari Ali ra., 25. Orang yang mati karena cintanya yang menggebu dan ia selalu menutupi cintanya dan menjauhi maksiat, hadits riwayat Imam Ad-Dailamy dari Abdullah ibn Abbas ra., 26. Orang yang mati karena mencari ilmu, hadits riwayat Imam Bazzar dari dari Abi Dzar ra. Dan Abu Hurairah ra. 27. Orang yang mati karena hamil hingga melahirkan dan menyapihnya, hadits riwayat Imam Abu Naim dari Abdullah ibn Umar ra., 28. Orang yang mati karena sabar terhadap penyakit muntah darah (muntaber-Thōůn), hadits riwayat Imam Ahmad dari Jabir ra., 29. Orang yang mati karena menggantungkan dirinya untuk menegakkan agama Allah, 30. Orang yang mati karena  atas perintah penguasa yang jahat; tidak pernah melakukan amar ma’ruf nahi munkar, 31. Orang yang sabar dari tipu daya perempuan?, hadits riwayat Imam Bazzar dan Thobrony dari Abdullah ibn Mas’ud, 32. Orang yang (selalu) membaca setiap hari dua puluh lima (25 x) : Allahumma Barikly fi-l Mauti wa fima ba’da-l maut (Ya Allah berkahilah kepadaku dalam mati dan setelah mati), hadits riwayat Imam Thobrony dari Aisyah ra., 33. Orang yang (selalu) shalat dhuha, puasa 3 (tiga) hari setiap bulan dan tidak pernah meninggalkan shalat witir, baik ketika ada di rumah atau bepergian, hadits riwayat Imam Thobrony dari Abdullah ibn Umar ra., 34. Orang yang berpegang teguh dengan sunnah (hadits) Nabi saw. ketika umat sudah rusak, hadits riwayat Imam Thobrony dari Abu Hurairah ra., 35. Pedagang yang dapat dipercaya, jujur dan benar, hadits riwayat Imam Hakim dari Abdullah ibn Umar ra., 36. Orang yang sakit dan selalu membaca dalam sakitnya empat puluh kali (40 x) : Lâ Ilâha Illa Anta Subhanaka Inny kuntu minadh-Dhŏlimįn (Tiada Tuhan selain Allah, Maha suci Engkau, aku ini tergolong orang-orang yang dhalim), kemudian mennggal, hadits riwayat Imam Hakim dari Sa’ad, 37. Orang yang mencari makan sampai keluar daerah, hadits riwayat Imam Dailamy dari Abdullah ibn Mas’ud ra., 38. Orang yang berfrofesib adzan dan adzannya hanya mengharapkan ridha Allah, hadits riwayat Imam Thobrony dari Abdullah ibn Umar ra., 39. Orang yang mengajak istri dan amat yang dimilikinya untuk selalu menjalankan perintah Allah dan ia memberikan makan mereka dengan yang halal, 40. Orang yang mandi dengan air es (salju), lalu mati karena kedinginan, 41. Orang yang selalu membaca shalawat kepada Nabi saw. seratus kali (100 x) setiap hari, hadits yang pertama diriwayatkan oleh Imam Ibnu Abi Syaibah dalam kitab “Al-Mushonnif) dari Hasan ra. dan yang kedua diriwayatkan oleh Imam Thobrony dalam kitab “Al-Awsoth” dari Anas ibn Malik ra., 42. Orang yang selalu membaca setiap pagi dan sore : Allahumma Inny Usyhiduka Annaka Antalllah Al-ladzi Lâ Ilâha Illa Anta Wahdaka Lâ Syarįkalak wa Anna Muhammadan Abduka wa Rasûluka Abûu binikmatika Alayya wa Abûu bidzanby Faghfirly Innahu Lâ yaghfiru-n dzunûba Ghoiruka (Ya Allah aku menyaksikan kepada-Mu bahwa Engkau adalah Allah yang tiada Tuhan selain Engkau sendiri, tidak ada yang mengsekutukan-Mu dan sesungguhnya Muhammad adalah hamba-Mu dan utusan-Mu, aku mengakaui ni’mat-Mu (yang telah diberikan) kepadaku dan aku mengakui dosa-dosaku, ampunilah aku, karena tidak ada yang dapat mengampuni dosa kecuali Engkau), hadits riwayat Imam Al-Ishbihani dari Hudzaifah ra., 43. Orang yang setiap pagi membaca : Audzu Billahi-s Samį’i-l Alįmi mina-s Syaithôni-r Rojįmi (Aku berlindung kepada Allah yang maha mendengar dan maha mengetahu dari syaithan yang terkutuk) tiga kali (3x) dan membaca tiga (3) ayat dari surat Al-Hasyr, hadits riwayat Imam Turmudzi dari Ma’qil, 44, Orang yang mati pada hari jum’at (jum’ah), hadits riwayat Imam Humaid ibn Munjawaih dari seorang sahabat, 45. Orang yang mencari mati syahid dengan benar, hadits riwayat Imam Muslim. Yang telah kami tuturkan ini ada sekitar empat puluh lima (45), semua tersebut mendapat pahala seorang yang mati syahid, akan tetapi syahid akhirat, dan kalau dihitung secara teliti bisa mencapai enam puluh (60), sebagaimana bisa dilihat dalam kitab Awjazu-l Masalik : IV/269 ”
Dari sini saya berkeyaqinan bahwa orang yang mati disebabkan karena terpapar covid 19, termasuk orang yang mati syahid, jadi dia sangat mulia sisi Allah Azza wa Jalla. akan tetapi tercatat sebagai syahid akhirat, dari sini dapat disimpulkan bahwa setiap muslim yang mempunyai tujuan baik (ma’ruf) dam karena mencari ridha Allah, maka jika ia meninggal dapat dikatagorikan sebagai orang yang mati syahid, syahidnya adalah syahid akhirat, karena syahid akhirat, maka segala sesuatu yang berkaitan dengan mayit/jenazah, seperti memandikan, mengkafankan dan menshalatkan, sementara orang yang mati karena berperang, maka tidak boleh dimandikan dikafankan, langsung dishalatkan.
Jadi kalau orang mati karena covid 19, mengapa harus diusir dari makam kampungnya, aneh?, dia itu mulia disisi Allah dan akan langsung masuk sorganya Allah, mengapa kita tidak berpikir justru dia akan membawa berkah bagi orang2 disekitarnya.
Soal virus yang dikhawatirkan akan menular ke orang2 yang masih hidup, kan Pemerintah sudah berusaha semaksimal mungkin agar virus, begitu yang kena mati, ya virusnya ikut mati 
Wallahu A’lam Bis Showab

Bahan-bahan :
Tanwiru-l Hawalik : I/182
Syarah Sunan Ibn Majah : I/201
Syarah Az-Zarqany : II/100
Tanqihu-l Qaul Al-Hatsits : I/44
Al-Fiqhu Al-Islamy Wa Adillatuhu : II/699

0 Response to "Abah Hanif Muslih Mranggen | Korban Covid 19 termasuk orang yang mati shahid"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel