Meriahkan Tradisi megengan, Pemuda Bengkah Tabuh Bedhug Tertua


Bengkah.com  - Bulan puasa adalah bulan penuh dengan berkah. Karena penuh dengan keberkahan itu, Al-Qur`an menggambarkan nilai kemuliaan bulan suci Ramadhan tersebut sebanding dengan seribu bulan. Tidak salah, kalau umat Islam selalu disergap rasa rindu menyambut kedatangan bulan suci itu dengan penuh kegembiraan yang biasa dirayakan dalam bentuk tradisi, apalagi mengingat bulan puasa itu hanya datang setahun sekali.


     Salah satu tradisi menyambut puasa itu adalah tradisi dugderan yang berasal dari kata  "Dug" yang berarti bunyi yang berasal dari bedug yang dibunyikan saat ingin shalat Maghrib. Sementara "deran" adalah suara dari mercon yang dimeriahkan oleh kegiatan ini.


Tradisi ini adalah tradisi umat Islam di jawa dalam rangka menyambut kedatangan bulan suci Ramadhan  khusus didesa bengkah ini hanya membunyikan / menabuh bedug atau yang ada dimasjid Baitul Amin yang merupakan Bedug tertua didusunkami, tabuh beduh atau yang biasa di sebut ciduran ini berjalan selama 30 menitan yang di mulai sekitar jam 15.00 Sampai Selesai.

Itulah sedikit tradisi yang ada di desa bengkah dan semoga bisa dijadikan budaya yang abadi dan tak akan pernah punah dan nantinya bisa di wariskan kepada anak cucu yang akan datang.
Oke, Terimkasih atas minat bacanya semiga bermanfaat, Salam BBC(bengkah blogger community).

0 Response to "Meriahkan Tradisi megengan, Pemuda Bengkah Tabuh Bedhug Tertua"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel