Darah Seni Putra Petani dari Bengkah

Bengkah.com - Suwignyo adalah seorang laki2 yg lahir dari dukuh bengkah kelurahan wonosekar kec.karangawen kab.Demak jawa tengah pada tgl 5 Juni 1977 ayahnya seorang petani dan ibunya dulu seorang penjual nasi,dia anak bungsu dari 6 bersaudara.sejak kls 5 SD dia sudah hobi menyanyi bahkan sudah iseng buat lagu sendiri walau belum bisa bermain musik,namun semangatnya terus membara untuk bisa menjadi seorang seniman.karena keterbatasan dana dsb ahirnya dia juga berusahara menyalurkan hobi yg lain yaitu membuat cerpen,puisi,pantun dan juga cerita lucu.tahun 1990 dia lulus SD wonosekar 3 pada waktu itu,dia melanjutkan studinya di MTs Manbaul ulum tlogorejo,dia masih saja hobi bikin cerpen sampai teman2nya itu memberinya buku untuk pesan cerpen,maklum suwignyo hanya anak orang biasa yg serba kurang sarana dan pra sarana.tahun 1993 dia lulus dari MTs manbaul ulum tlogorejo,pada waktu itu ada program aliyah yg biayanya bisa di cicil MA manbaul ulum juga karena masih baru,dia pun masuk di MA tsb,namun lama2 dia malu pada dirinya sendiri "sekolah masak biaya utang"ahirnya dia keluar di awal kls 2 MA karena ortunya dah tua dan tak mampu lagi membiayainya.di tahun 1995 dia merantau ke Jakarta beserta teman2nya,namun semangatnya untuk menjadi seniman muncul lagi,dia hobi corat coret di triplek tempat dia tidur,terkadang di komplen dan di ejek teman kerjanya,terkadang dia bermain dg orang sunda yg pandai main seruling dari pralon,mungkin saja teman2 dia merasa jengkel kadang malam setelah lembur itu dolanan seruling dari pralon.dia juga berhayal ingin jadi sutradara atau bahkan mau jual karya cerpennya ke sutradara,sampai pafa ahirnya dia menikah muda pada 7 april tahun 1998 dengan gadis sekampungnya,pada bulan februari tahun 1999 lahirlah anak yg pertama bernama MUHAMMAD AINUN NAJIB.di awal tahun 2000an dia gencar membuat cerpen,pantu dan cerita lucu..pada tahun 2001 dia mengirim cerita lucunya ke radio pop FM di temani Ikrom,khotib,alm ANSORI bertemu langsung dengan DRAKULA NUSANTARA ,dia tidak berhenti sampai di situ,ada cerita misteri di radio pop pada mlm jumat diapun juga berpartisipasi membuat cerita misteri ,pada waktu itu dia kirim 7 cerita misteri ke radio pop FM dan Alhamdulillah ada tiga cerita lucu kirimannya yg sempat di mainkan oleh para crew radio pop Fm pada waktu itu,masing2 judulnya MISTERI KRETEK BUNGKUK,ARWAH GENTAYANGAN dan MISTERI ARWAH BERANAK,jika sewaktu2 anda mampir ke radio pop Fm semarang menanyakan tentang cerita misteri yg judul seperti di atas pada tahun 2000han,itu karya suwignyo (wignyo).
WIGNYO MENGENAL DUNIA REBBANA dan KEYBOARD MURAHAN
pada tahun 2001 awal di dukuh bengkah selatan mendirikan rebana di bimbing oleh alm ANSORI pada waktu itu alm ANSORI ikut group ASSYABAAB tlogorejo yg ahirnya menyemangati rekan2 dukuh bengkah utk mendirikan rebana,dengan perjuangan para pemuda cara mendapatkan alat itu melalui donatur,minta kayu di hutan pak mantri hutan,terkadang juga dapat borongan di ladang dsb,ahirnya dana terkumpul dapat membeli alat rebana komplit,pada waktu itu seminggu sekali latihan di mushalla mbh MUHAROR,Wignyo sering  menonton sambil ngajak anak laki2nya lama2 dia tertarik untuk bergabung dengan rekan2 rebana dan izinkan oleh ketua,pada waktu itu pengurusnya adalah RASIDI,BOWO,JAMAD,ROPIQ,ROWI,ROZI,PUKIS trmasuk alm ANSORI dll.semasa bergabung dengan rebana pada waktu itu belum lah ada nama untuk rebana,ahirnya masing2 membuat nama rebana kemudian sowan ke mbh alm mbh yai muharor mana nama yg paling di setujui,kebetulan yg di setujui itu nama yg di buat oleh WIGNYO yaitu AL MUJAHIDUL HIKMAH sesuai dengan perjalanan berdirinya rebana tsb.singkat cerita,pada wktu itu rebana sering live di orang hajatan bahkan pernah menjadi juara 3 se WONOSEKAR,namun ada yg kurang di telinga alm ANSORI,ahirnya Ansori mengusulkan supaya menambah keyboard pada rebana,dan dia mendukung sepenuhnya kalo Wignyo nanti yg memainkannya walau gak pernah kursus,alhamdlh di setujui oleh group walau ada pro kontra sedikit,tapi Ansori tetap mendukung agar Wignyo yg memainkannya,beberapa hari setelah musyarah,WIGNYO,PUKIS DAN BOWO BERANGKAT KE pasar Johar untuk membeli keyboard seharga 250ribu..
WIGNYO BERTEMU DENGAN TEMAN2 SE PROFESI YANG SEKARANG PUNYA GROUP KONDANG.
Dengan fillingnya sendiri Wignyo terus belajar keyboard,tanpa guru,tanpa pemandu,hanya semangat di qalbu dan dukungan sepenuhnya dari alm ANSORI(adik sepupunya),dia menonton kalo ada orang main keyboard lalu sampai rumah di praktekkan sendiri,begitu dan begitu seterusnya tanpa kursus,jangankan buat kursus,untuk menghidupi keluarganya saja susah payah,Wignyo  bertani setelah menikah,garap sawah,garap lemah alas.walau belum bisa sepenuhnya main keyboard tapi ada group dari PARAS PADANG KARANG GONDANG TANGGUNG HARJO GROBOGAN namanya ALJIHAD.Dengan keyboard yg seadanya itulah pertama kalinya dia bertemu dengan  MUAYYANAH (MAYA)Yg sekarang punya group AMIRA RIA.kemudian juga kenal UMI HANIK yg punya group di TUMPE,kemudian kenal ITA yg sekarang menjadi personil ASSOIMAH,sedikit demi sedikit Wignyo agak berkembang berkembang,dia dan ansori merasa kalau suara keyboadr harga 250 itu kurang mantab,ahirnya mereka berunding untuk membeli keyboard yg levelnya atas sedikit yaitu YAMAHA PSR 170 seharga 1,7 juta,walau dengan cara nyicil berdua ,Wignyo pun rela panen jagung untuk gotongan beli alat tsb.setelah alat berganti yamaha psr 170,Wignyo di ketemukan dengan IMAH yg sekarang punya group ASSOIMAH dan Taul (faul)yg sekarang menjadi mc AL WAFDA,kemudian Wignyo juga bertemu dengan Eni malika vocal Albadar waktu itu.Wignyo juga bertemu LILIS BEKAN yg sekarang punya group PUJANGGA dan yg sering ngiringi ki JOKO KENDIL.
WIGNYO BELAJAR MENCIPTA LAGU DAN BANYAK BERTEMU DENGAN ORANG2 YG SEKARANG KONDANG
Selang 2 tahun,ahirnya berinisiatif ngajak duet alm Ansori,dengan susah payah Wignyo membeli alat lagi,sementara keyboard yg dulu untuk alm Ansori..berani hutang demi keyboard yamaha psr 250 seharga 2 juta,dari alat itulah Wignyo bertemu dengan AL INAYAH yg sekarang punya group SAFIRA BRAMBANG KARANGAWEN,juga mula2 kenal dengan KHOLIFAH (ifa)yg sekarang menjadi personil ASSOIMAH Wignyo terus berusaha untuk mengembangkan hobi dan bakatnya ahirnya dia akrab dengan hadi purnomo (pur tesi)yg punya sound sistem EXTREM wonosekar,dia membuat group ASSIFA bersama2 dengan Ansori Ikrom ah (sabehe)dari panggung ke panggung di laluinya bersama ASSIFA Dari itulah pur tesi menggabungkan orang DESA SUMBERJO,seperti NASIRUN (Pemilik PESONA NADA)WOLO,SUMARNO (Pemilik sound sistem karangasem sumberjo)dari sedikit demi sedikit Wignyo mulai tahu tentang ACCORT, tak lama kemudian Nasirun dan bang Pethot mengajak Wignyo untuk bergabung dengan pesona nada sumberjo,betapa sibuknya Wignyo pada waktu itu,karena setelah bergabung dengan pesona nada,Nasirun mengajaknya pula bergabung dengan REVIRA KANGKUNG MRANGGEN DEMAK,di situlah Wignyo bertemu dengan bas TIMPLENG yg sekarang bas nya BANESTA MRANGGEN,Pernah juga main dengan GUGUN basnya 220 pucang gading.di sela2 kesibukannya Wignyo belajar mencipta lagu,waktu itu Wignyo di temani chotib untul menemui bpk ROHADI sr pemilik GNS RECORD tp belum berhasil juga..pernah juga Wignyo di temani kakalnya (mahmudi dan triyono)untuk menyodorkan karyanya pafa JUJUK EKSA PUCANG GADING SEMARANG,tp sampai sampai sekarang blm di hubungin juga.Wignyo juga kembali ganti keyboard karena alhmdlh jobnya sudah mulai rapet,yaitu ROLLAND E 16 seharga 3,5 juta,pada waktu itu Wignyo di tolongin(di pinjami)oleh TITER BUANA (PEMILIK AMIEA RIA)Suaminya maya.Wignyo hanya punya uang 2,5 juta hasil jual yamahanya psr 250 di beli oleh wahid (penthol)1,5 juta dan uang panen jagung juga uang pribadi,Titer pemililk Rolland e16 itu merelakan keyboardnya di bawa Wignyo dulu,sisanya 2 bulan,ahirnya bisa lunas.Dengan keyboard e16 itu nama Wognyo mulai di kenal karena dia sering di sewa group antara lain .NASEHATUSSARIFAH MUSLIMAT MARGOAYU bersama alm Ansori,group2 rebana semua yg ada di wonosekar pada waktu itu (al jihat,al fajar,karangan noreh nurussabab)bahkan yg Wignyo selalu absen di group tlorejo (nurusssabaab,alhamidiyah 1 dan 2)al badar tlogotirto,sabiluna rimbu,azzahro,nurul qamar karangawen,fastabiq lerep dan masih banyak lagi yg belum di sebut.dengan Rolland e 16 pula Wignyo bertemu dengan RIFQAH pemilik ABABIIL sekarang.Wignyo sudah gak punya inspirasi utk mencipta lagu lagi,karena begitu banyak groupnya (assifa,al jihad paras,pesona nada,neo master tego wanu,al jadid sumberjo dawung,Revita kangkung),kemudian mulai kenak Sobirin keyboardis joko edan,pur Tengkek pemilik (rewo2)tlogo tanjung dll.sekitar tahun 2009 Wignyo kembali ganti keybord,kali ini dia menjual rolland e 16nya demi mendapatkan rolland e 70,dengan rolland e 70 ini namanya semakin di kenal,maklum pada waktu itu masih minim keyboardis tidak banyak seperti sekarang.Lama2 Wignyo menyerah juga karena saran temannya dia resain dari pesona nada dan revita karena sudah banyak banget kesibukannya jadi tidak sempat latihan atau garap lagu baru dari group tsb,assifa pun bubar karena personilnya sudah tak sholid lagi,Wignyopun kembali mengajak sisa2 personil assifa yg ada untuk membuat group balasik kira2 tahun 2010han yg bernama ASSABABA bersama Anjeli,daso,wahid penthol,pur tesi dan ikrom.tetapi terkadang ada reques meminta assababa itu mainnya berdiri,Wignyo dkk sudah sepakat kalau assababa itu mainnya wajib lesehan,jadi Wignyo dkk tidak menyanggupi.Wignyo kembali menggebu untuk dapat menciptakan dan meng arransemen lagunya sendiri,pada awal tahun 2011 wignyo berhasil menciptakan lagu yg berjudul AYAH BUNDA,AMPUNI AKU,SEPANGGUNG BERDUA,KEYAKINAN DALAM DOA,Wignyo kembali memutar otak dan otak atik kata di rangkai menjadi lagu di simpan di memori hp nya,tapi dia juga merasa sedih mengapa rumahnya masih pada bocor kala hujan,dia capek selalu pimjam tangga untuk betulin genting,sedangkan untuk itu semua juga lama sekali mendapatkan uang yg senilai kurang lebih 10 juta,lalu atas nasehat basohir (tetangganya)menyarankan kalau cari duit lebih cepat,merantau ke manado.Kemudian di ujung tahun 2011 Wignyo berangkat merantau ke manado yg ber7an dapat memperbaiki genting rumahnya,sekaligus menenangkan fikir dari dunia yg di gelutinya selama ini,walau assabaaba group sangat membutuhkannya oafa waktu itu,namun harus bagaimana lagi.Setelah dia merantau,banyak info dari teman2 bahwa sekarang sudah mulai bermunculan musisi dan group baru,begitu pula group2 rebana yg tadinya langganan dia udah di isi musisi2 lain.3,5 bulan Wignyo pulang dari manado demi temannya mau nikah(daso),dia pun pulang sambil betulin genting dari hasil keringatnya dari manado,tp ternyata masih kurang untuk atasi kebutuhannya dia pinjam duit saudaranya,cuma satu bulan di rumah dia kembali merantau ke manado yg kedua,diapun mulai bisa menerima kenyataan bahwa group2 langganannya mulai di huni musisi2 lain.tiap hari dia mikir,ahirnya dia punya inisiatif menjual keyboard e 70 nya,untuk mencari level di atasnya lagi,tapi Tuhan belum menghendakinya,sekitar 4 bln dia kembali pulang dari rantau utk lunasi hutangnya,tapi pada waktu itu job mainnya sudah mulai beda(lebih sepi)di karenakan dia sering merantau,tp lagu demi lagu mulai tercipta termasuk lahu UJIAN HIDUP.di kala hati Wignyo sedang galau karena sepi job juga rantauan sepi,ayah dia yg sudah tua sudah sakit2an,di Fikiran selalu semangat mencipta lagu,dan dapat pekerjaan supaya bisa membeli keybord rolland e 86.selang 1,5 bulan di rumah dia kembali berangkat ke manado yg ketiga,nah ketika dia ke manado yg ketiga,dia juga kurang beruntung karena gajinya sulit pekerjaan sepi,tp Allah berkehendak lain karena memudahkan Wignyo untuk menciptakan lagu tepatnya di kota AMORANG,banyak sekali lagu yg tercipta di sini,di antarany INGAT AHIRAT,BUKAN KYAI,SURGA/NERAKA dan masih banyak lagi.dia kena musibah,kali ini kakinya dan dengkulnya memerah hingga berhari2 tak bisa kerja,dia pun gagal mewujudkan ke inginannya beli keyboard,dengan terpincang2 dia pulang bersama 3 kawan kerjanya,sampai di rumah taada kebahagiaan di hatinya karena bawa uang sedikit..ayahnya kembali sakit2an dia yg sering urus obatnya,berobatnya walau tidak memakai duit dia,tapi dia merelakan waktunya.dia juga sering berkumpul dengan rekan2 gropnya tp jop nya sudah beda.
Wignyo kembali dapat tawaran kerja di cikarang bersama bakrin(gondrong)dengan harapan nanti bisa ngumpulin uang untuk ganti keybaord,namun lagi2 dia juga belum beruntung,baru saja 1 minggu di cikarang,dengkulnya kembali membesar membuatnya tak bisa berjalan,sementara lokasi kerja dan tempatnya istirahat jauh harus jalan kaki,licin sering hujan lagi,ya Allah...Wignyo kamu masil gagal,hanya 10 hari dia bertahan di cikarang tak dapat duit malahan di tlf bahwa ayah berada di RS PELITA.Wignyo dan kedua temannya(jari dan pk dul koliq )pulang,Wignyo dengan terpincang2 langsung ke RS PELITA jenguk ayahnya.Wignyo meluangkan waktunya untuk ayah tercinta,tp penyakit ayahnya tak kunjung sembuh ahirnya bersama saudaranya yg lain membawa ke RS SUNAN KALIJAGA DEMAK untuk operasi..selama 11 di rumah sakit atas kehendak Allah,dengkul Wignyo sembuh,padahal dia sering membopong ayahnya pada saat ke belakang,tapi mengapa kok malah sembuh,,,itu rahasia Allah swt.selama 11 hari Wignyo dan ibunya menunggui ayahnyan,Alhmdlh ayah Wignyo sembuh
LAHIRNYA GROUOP NURUL FAZA DAN PUJANGGA

WIgnyo kembali mencari info pekerjaan,kali ini dia berangkat ke jogja bersama sofi ikut mandor sukamto bos kamam,dia bekerja di jogja dengan harapan dapat uang beli keyboard,tp keberuntungan juga belum berpihak padanya karena gajinya kecil,lemburannya sepi,di tambah lagi ketika dia di sana,dia menderita sakit lagi,kali ini yg di serang mata,cobabayangkan kita harus kerja dengan mata yg selalu berair pegal sekali,setiap bekerja selalu pakai kaca mata hitam,padahal kerjanya cuma struktur lantai 7,Wignyo kembali tak kuat di dera penyakit matanya yg selalu berair dan perih,10 hari saja di jogja,ahirnya dia pulang bersama milun dan dikin,tapi sambil perjalanan pulang,Wignyo,milun dan dikin sempat coba2 di pinggir kraton jogja tepatnya di RINGIN KEMBAR,ada mitos katanya bila bisa berjalan kurang lebih 75m dengan mata di tutup kain lalu melewati pohon tanpa menabraknya,maka segala keinginannya akam di kabulka,maka Wignyo dengan mata perih mencoba di temani dikin,pertama gagal dan yg kedua berhasil..itulah kenangan Wignyo di jogja,di situ pula tercipta lagu canpur sari wignyo yg berjudul JOGJA.
Selanjutnya,Wignyo dapat tawaran merantau ke manado karena mengganti Tiket orang.
Kali sasarannya adalah kombos,di situ baru 1 minggu kerja rame banget,gaji lumayan,tp di minggu kedua sudah mulai error lagi,masya Allah...tp banyak banget dapat inspirazi lagu dari kombos karena kerjaan sepi,banyak waktu nganggur,di antaranya SALAM SAHABAT,SAHABAT SEJATI,KETULUSAN CINTA dan masih banyal lagi karya Wignyo tercipta di sini.saking sepinya kerjaan di sini,Wignyo dan teman2nya mencari besi tua untuk di jual buat tambahan beli makanan,sarimi.hampir selama di sini Wignyo dan kawan2 kerja tak pernah merasakan sayur,paling cuma sambel,sarimi lalu di kasih nasi.memang nasib Wignyo belum beruntung kali ini.alhmdlh ahirnya ada tetangga yg kerja tak jauh dari tempat Wignyo yg mengajaknya pindah dari kombos ke bea cukai manado dekat bandara.di sinilah ahienya Wignyo dapat uang,sayangnya cuma 2 bulan keburu pulang karena lebaran,tp Alhmdlhnya Wignyo dapat uang kurang lebih 5 jutaan.dia pulang lalu cari info tentang rollan e86 ahirnya dia dapat,di antar sama temannya.setelah punya alat e86 wignyo membentuk group yg namanya ASHOLAWAT,tp banyal yg komplain katanya nanti kalau ada requez qasidah kurang sesuai dengan bigrounnya,lalu Wignyo dkk group berunding bagaimana kita bentuk group tapi yang netral (boleh main berdiri)/di kursi,setelah rundingan endingnya muncul di benak Wignyo NURUL FAZA,dia musyawarahkan sama ikrom ah,dia setuju..nah di situlah Wignyo mulai menggarap lagu2 dan karya arransemennya,tp teman2 blm pada respon,masih malas alias lebih suka garap lagu2 yg sudah ada..ahirnta Wignyo bertemu dengan gus anam kemudian membahas mengarransemen asraqal ala jadul biar tidak hilang khasnya bengkah.detik2 wignyo menggarap arransemen,tiba2 Wignyo kepincut meratau lagi ke manado yg ke 5 karena untuk persiapan ramadlan dan lebaran,rekamanpun tertunda,pada saat Wignyo pulang dan setelah lebaran baru bisa terlaksana rekaman asraqal..
Pada suatu saat,Wignyo bertemu dengan mukid,karna pada saat pembuatan klip asraqal Wignyo dan rombongan klip asraqal bertemu mukid,lha omong demi omong,ternyata mukid mendukung kalau Wignyo mau meluncurkan karyanya.mukid membantu sepenuh hati,mengajak amin,daaso,anjeli untuk membuat klip Album 1 NURUL FAZA,jerih payah Wignyo dan ketulusan hati mukid membantu dengan ikut menyooting ke sana ke mari,menyediakan spiker aktif utk latihan,juga ikut partisipasi luar dalam ahirnya meluncurkan albumNURUL FAZA 1.Tak berhenti sampai di situ saja,tepatnya 1 kemudian di tahun 2017 muncul lagi Nurul faza album 2,personil bertambah JUMADI dan INDAH,vocal,Tholib tukang shoting,namun saking gigihnya Wignyo membuat dan mengexplor karyanya,dia mencoba dengan genre campur sari tapi juga tetap dengan dakwah,ada perbedaan kesepakatan sedikit antar personil yg isinya"Si a ..lebih baik pakai bendera sendiri jangan nurul faza
Si b...aq tidak ingin menjauh dari nurul faza,aq tak ingin pisah dari mereka,orang nurul faza itu sahabatku sejak kecil
Si c..kalau gak mau,aq yg mundur,seolah orang nurul faza lawas tidak mengakuiku sebagai anggota
Si d..nurul faza hanya qasidah jangan bikin campur sari
Si e..ya udah kamu tetap di nurul faza,tapi posisi tidak ketua
Si b..selama ini aq juga tidak pernah menjadi ketua,tp aq yg sering dapat job
Si f..gini aja kalau yg dapat job nurul faza,aq yg urus semua
Si c...aq ikut kamu kalau tidak pakai baground nurul faza,aq juga malas kalau latihan itu lagu2 yg udah ada,aq maunya lagu baru,jadi ada tantangannya,dan bangga bisa berkarya"WALLAHU A'LAM BISSHAWAF
Akhirnya Wignyo memutuskan untuk buat group STYLE MUSIK DAN KREATIVITAS SENI,PUJANGGA....BISA.....AJA...di artikan oleh Wignyo,bahwa dengan nama pujangga,bebas mengexplor genre apa aja..bisa balasiq,qasidah,dangdut religi,band religi,campur sari dakwah,bisa jenis langitan.I LOVE TEMAN2 NURUL FAZA,KALIAN TETAP SAHABATKU SELAMANYA,KALIAN TAK PERNAH TERGANTIKAN DI HATIKU,WALAU BAGAIMANAPUN KEADAAN SEKARANG 🤝🤝🤝

0 Response to "Darah Seni Putra Petani dari Bengkah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel