PESONA UJUNG SELATAN DEMAK



Dukuh kecil ini berada di ujung selatan Demak yang dulu hanya berpenghuni kurang lebih lima kepala keluarga, dukuh ini sudah ada sejak ratusan tahun silam dan mengalami masa penjenjahan Belanda dan Jepang. Menurut cerita dukuh kecil ini pernah akan dijadikan sebagai pusat pemerintahan Demak. dukuh ini di kenal dengan nama bengkah. 

Bengkah merupakan dukuh kecil yang tercatat di kelurahan Wonosekar Kecamatan Karangawen Kabupaten Demak Jawa Tengah. Bengkah terletak di daerah perbatasan antara kabupaten Demak dengan  kota Semarang, lebih tepatnya berada diujung Selatan dari Demak.

Berbicara soal dukuh  ini memang tidak banyak yang mengetahui karena dukuh  ini cukup terpencil namun bila ditelusuri lebih dalam dukuh  ini banyak menyimpan cerita bersejarah dan didesa ini banyak ditemukan bangunan bersejarah masa penjajahan Belanda.

Berdasarkan keterangan yang BBC terima dari narasumber H. Bakoh dan simbah Kumri, ada sungai  membentang ke barat dan ada air yang sangat banyak (banjir) lalu ada prahu yang pecah dan kesimpulan menurut cerita tersebut bahwa dukuh ini adalah sungai besar yang membelah jadi dua, hingga dinamakan Bengkah. Berdasarkan cerita yang lain didesa ini tumbuh pohon beringin yang sangat besar dan dahannya rindang, katakan  wite (pohonnya) njerembeng pange (dahannya) jrekakah.

Inilah sedikit gambaran tentang dukuh kecil penuh sejarah yang sedikit terlupakan. Melalui artikel ini penulis berusaha sedikit mengangkat cerita  tentang dukuh ini dan akan kami ulas lebih dalam pada artikel selanjutnya.

BBC (Bengkah Blogger Community)

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel