Keutamaan Serta Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah



Bengkah.com -  Dikutip dari NU Online Jateng , berdasarkan hasil hisab Lembaga Falakiyah Pengurus Besar Nahdlatul Ulama (LF PBNU) awal bulan Dzulhijah kemungkinan jatuh pada Jumat, 1 Juli 2022. Artinya, Idul Adha, 10 Dzulhijjah 1443 H sangat mungkin akan bertepatan dengan Minggu, 10 Juli 2022. Berikut jadwal jadwal puasa sunnah Dzulhijjah 1443 Hijriah.

Di bulan Dzulhijah terdapat dua puasa sunnah yang sangat dianjurkan bagi yang tidak melakukan ibadah Haji, yakni puasa Tarwiyah dan Arafah. Kedua puasa tersebut dilaksanakan sebelum 10 Dzulhijjah atau Idul Adha.

Puasa Tarwiyah

Puasa Tarwiyah dilakukan pada hari Tarwiyah (8 Dzulhijah). Dikutip dari laman NU Online ini didasarkan pada satu redaksi hadis yang artinya bahwa puasa pada hari Tarwiyah menghapuskan dosa satu tahun.

Niatnya

"Nawaitu shauma syahri dzil hijjah sunnatan lillahi ta'ala. Artinya, 

Artinya : "Saya niat puasa sunnah bulan Dzulhijjah karena Allah ta’ala."


Puasa Arafah

Puasa Arafah dilaksanakan pada hari Arafah tepatnya tanggal 9 Dzulhijah. Puasa sunnah ini memiliki banyak keutamaan bagi yang mengamalkannya, salah satunya akan mendapatkan ganjaran yang sangat besar. Yaitu, akan dihapuskan dosa-dosa kecil pada tahun lalu dan tahun yang akan datang.

Niatnya 

Nawaitu shauma arafata sunnatan lillahi ta’ala

Artinya: "Saya niat puasa Arafah, karena Allah ta’ala."

Semoga artikel ini bermanfaat bagi kita semua. ( BBC - Blogger Bengkah Community).


0 Response to "Keutamaan Serta Niat Puasa Tarwiyah dan Arafah"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel