BAHAYA !!!! Inilah Gangguan Saat Tidur Akibat Terlalu Banyak Main Gadget

Gambar : Ilustrasi

Bengkah.com
- Assalamualaikum, Hallo apakabar pembaca bengkah.com yang budiman, pada artikel sebelumnya kita telah membahas bahaya nya dari medsos dengan judul  Inilah 5 Bahaya Kecanduan Medsos  .Pada Artikel kali ini kita aka membahas gangguan saat tidur efek terlalu sering menggunakan HP / Gadget . Sebagian besar dari kita biasanya tahu istilah Sleep - Walking ( Tidur Sambil Berjalan ) Atau Slepp-Talking ( Mengigau alias Ngelindur ). Namun, Sudahkah kita tahu apa itu sleep-texting ? Nah, inilah yang akan kita bahas pada artikel ini.sleep-texting  adalah Gangguan tidur yang diderita sebagian orang dikarenakan interaksi yang berkelanjutan dengan ponsel / Gadged . Tentu kita semua sudah lumrah dengan kebiasaan orang di zaman modern ini, yaitu selalu membawa ponsel di mana pun dan kapan pun. Ketika bepergian, saat makan, Nongkrong di prapatan, saat ngopi di warung, bahkan masuk kamar mandi pun benda pipih itu dibawa karena khawatir akan ada panggilan penting atau justru takut akan hilang.
Orang-orang juga cenderung membawa ponsel jika akan tidur. Memainkannya hingga ketiduran atau meletakkannya di dekat bantal atau bahkan sampai wajahnya kejatuhan HP ( Hahahah siapa yang pernah, Ayooo Ngaku ).

Sleep-texting disebabkan oleh kebiasaan-kebiasaan buruk ini. Karena terlalu sering berinteraksi dengan ponsel, orang yang tertidur bisa secara tidak sengaja mengirim pesan pada orang lain, Wow!!! Bahaya sekali bukan, kalo tiba - tiba teman - teman kirim pesan ke  mantan ? hahaha..... 

Menurut pakar kesehatan, sleep-texting termasuk dalam gangguan tidur atau parasomnia dan terjadi selama tahap tidur REM (Rapid Eye Movement) atau fase tidur dalam. Fase ini sangat penting untuk pencegahan dari gangguan jantung, obesitas, darah tinggi, dan disfungsi sistem imun. Saat fase tidur dalam, ada bagian otak yang terjaga dan tidur. Bagian otak yang terjaga membuat orang-orang bisa mengirim pesan secara otomatis tanpa sadar, terutama karena kebiasaan saat sadar selalu terpaku pada ponsel dan memeriksa pesan.

Karena adanya aktivitas ketika tidur, ini membuat kualitas tidur orang-orang pengidap sleep-texting menjadi menurun. Banyak yang merasa tidak fit untuk berkegiatan dan kelelahan. Selain itu, sebagian juga merasa malu karena isi pesan yang tidak bisa mereka kendalikan saat tidur. (Tuh kan...)

Penelitian pakar kesehatan studi di Amerika Serikat, dr. Marcus Schmidt, memaparkan bahwa 4 dari 5 remaja membawa ponsel saat tidur. Selain itu, hanya 1 dari 10 remaja yang mematikan ponselnya saat tidur. Kebiasaan ini yang menyebabkan terganggunya tidur sehingga rentan menderita sleep-texting. Ada yang melakukannya dengan setengah sadar, tapi ada juga yang tidak sadar sama sekali.

Inilah gangguan saat tidur  akibat dari sleep-texting yang membuat berbagai masalah dalam tubuh, seperti contohnya:

  1. Mudah merasa lelah, terus menguap sepanjang hari, dan sulit konsentrasi.
  2. Menderita penyakit serius, seperti gangguan ritme jantung.
  3. Berisiko menderita diabetes, stroke, dan gangguan kecemasan.
  4. Mudah sakit dan susah sembuh dari penyakit karena tubuh kekurangan produksi sitokin yang hanya bisa dikeluarkan ketika tidur. Protein ini berpengaruh untuk kekebalan tubuh.
  5. Menurunkan daya ingat.
  6. Terjadinya penuaan dini, seperti wajah yang kusam dan ada lingkaran hitam di sekitar mata.
  7. Berkurangnya produksi hormon pertumbuhan yang penting untuk memperkuat tulng dan menebalkan kulit.
Selain masalah kesehatan, kurang tidur juga bisa menyebabkan kecelakaan kerja maupun kecelakaan lalu lintas. Maka, sebaiknya masyarakat mulai memperbaiki kebiasaannya dengan tidak membawa ponsel saat tidur. Letakkan ponsel agak jauh dari kasur, dan lebih baik lagi jika bunyi notifikasinya dimatikan, sehingga tidur bisa lebih tenang. Beberapa orang juga memilih benar-benar mematikan daya ponsel saat tidur. Ini bisa diterapkan untuk menghindari sleep-texting yang tentu merugikan orang dalam aktivitas sehari-harinya. So... Bolehlah Mainin Gadged / HP, tapi sewajarnya , apalagi kalau mimin perhatikan saat ini anak kecil sudah di kasih HP dengan alasan biar tidak rewel.

Sekian Artikel kami tentang BAHAYA !!!! Inilah Gangguan Saat Tidur Akibat Terlalu Banyak Main Gadget Semoga bisa bermanfaat untuk semua, Sampai ketemu di artikel selanjutny.
Wassalamulaikum.
( BBC - Blogger Bengkah Community )

0 Response to "BAHAYA !!!! Inilah Gangguan Saat Tidur Akibat Terlalu Banyak Main Gadget"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel