4 LANGKAH MENDORONG KEMAJUAN EKONOMI KREATIF DESA


Bengkah.comSaat ini, Indonesia sudah memasuki era MEA (Masyarakat Ekonomi Asean). Hal ini tentunya dapat menjadi titik terang untuk mendorong kemuajuan perekonomian di Indonesia bahkan sampai ke pelosok Nusantara. Desa merupakan tempat yang paling aman dan sangat cocok untuk mewujudkan itu semua.
Selain karena potensi yang dapat dihasilkan dari desa sangatlah tinggi, desa juga memiliki segudang sumber daya alam yang masih sanagat baik untuk dikembangkan. Disamping itu, pemberdayaan sumber daya manusia yang ada di desa juga harus senantiasa ditingkatkan agar kemajuan perekonomian di desa bisa semakin berkembang.
ALASAN MENGAPA EKONOMI KREATIF DESA HARUS DIDORONG MAJU
Alasan utama mengapa ekonomi kreatif desa harus didorong maju yaitu karena kebanyakan orang yang sukses di perkotaan berasal dari pedesaan. Peran sebuah desa tentunya sangat penting untuk menghasilkan banyak sekali orang sukses. Pemerintah seharusnya juga sudah mendukung adanya ekonomi kreatif desa yang saat ini sudah banyak digencarkan di berbagai desa yang ada di Indonesia.
Tidak hanya itu saja, pengangguran juga merupakan salah satu alasan mengapa ekonomi kreatif desa harus ditingkatkan mulai dari sekarang. Untuk mengurangi banyaknya pengangguran, salah satu cara yang dapat dilakukan yaitu dengan menciptakan banyakanya lapangan kerja.
TUJUAN UTAMA MEMAJUKAN EKONOMI KREATIF DESA
Sebenarnya tujuan utama menciptakan kemajuan ekonomi kreatif desa bukanlah untuk mengadakan banyak lowongan pekerjaan, melainkan untuk menghadirkan berbagai macam kesibukan yang dapat dilakukan oleh masyarakat desa. Disamping itu, melalui ekonomi kreatif desa, masyarakat diharapkan nantinya bisa mendapatkan penghasilan tambahan.
Itulah alasan mengapa desa memiliki potensi yang sangat tinggi untuk menekan angka pengangguran yang ada di Indonesia. Dengan adanya program ekonomi kreatif desa nantinya diharapkan dapat menekan angka pengangguran yang semakin tahun semakin tinggi.
LANGKAH MENDORONG KEMAJUAN EKONOMI KREATIF DESA
Ada banyak sekali langkah-langkah yang dapat dilakukan untuk mendorong kemajuan ekonomi kreatif desa. Langkah-langkah yang akan saya uraikan di bawah ini juga bisa dilakukan bagi desa-desa yang ingin mulai memajukan program ekonomi kreatif di desa masing-masing. Dan berikut beberapa langkah yang dapat dilakukan untuk mendorong kemajuan ekonomi kreatif desa.
1. CARI PELUANG EMAS YANG TERDAPAT DI DESA
Langkah pertama yang dapat dilakukan yaitu dengan mencari peluang emas yang terdapat di desa. Hal ini juga tidak terlepas dari peran seorang pemimpin desa. Misalnya saja di suatu desa masyarakatnya sangat hobi dalam membuat kerajinan tangan dari bambu rotan. Maka, ini dapat dijadikan sebagai peluang emas yang dapat dipotensikan.
Jika sudah mendapatkan peluang emas utama, selanjutnya tinggal dilanjutkan saja hingga kiranya peluang emas tersebut dapat terus dipotensikan dan dapat menjadi sesuatu yang dapat menghasilkan. Intinya carilah peluang emas yang terdapat di desa. Karena hal tersebut bisa menjadi batu loncatan untuk memajukan program ekonomi kreatif desa.
2. MENGADAKAN PELATIHAN TERHADAP MASYARAKAT DESA
Langkah selanjutnya yang dapat dilakukan yaitu dengan mengadakan pelatihan terhadap masyarakat desa. Untuk langkah yang kedua ini, targetkanlah anak-anak muda yang sedang tidak memiliki pekerjaan dan juga ibu-ibu rumah tangga yang tidak memiliki aktifitas rutin sehari-harinya. Buatlah balai pelatihan untuk mempotensikan ekonomi kreatif tersebut. Kordinasikanlah terlebih dahulu kepada pemimpin desa untuk membuat balai pelatihan tersebut.
Hal ini dilakukan agar aktifitas pelatihan yang dilakukan terlihat resmi dan memiliki tujuan yang jelas. Usahakan juga balai pelatihan tersebut sudah mendapatkan izin dari pemimpin desa. Mudah-mudahan jika balai pelatihan tersebut sudah memiliki izin, pemimpin desa nantinya mau memberikan anggaran yang diperlukan untuk melatih anak-anak muda dan juga ibu-ibu rumah tangga yang mengikuti pelatihan.
Dari pelatihan tersebut nantinya diharapkan seluruh masyarakat dapat memiliki keterampilan yang dapat dimanfaatkan untuk mewujudkan ekonomi kreatif desa. Bahkan, agar kegiatan pelatihan tersebut dapat berjalan terus berkelanjutan 
3. MUSYAWARAHKAN DENGAN SELURUH MASYARAKAT YANG ADA DI DESA
Jangan hanya sekedar menjadi wacana belaka saja, namun program ekonomi kreatif desa memang benar-benar harus diwujudkan. Untuk mencapai itu semua, musyawarahkanlah dengan seluruh masyarakat yang ada di desa ingin dibuat seperti apa program tersebut. Jika tujuan utamanya agar seluruh masyarakat yang ada di desa bisa mendapatkan penghasilan tambahan, maka itu semua bisa terwujud jika seluruh masyarakat desa mau ikut serta dalam memajukan program ekonomi kreatif desa tersebut.
Mengapa harus dimusyawarahkan terlebih dahulu? Hal ini dilakukan agar tidak adanya beda pandangan antar masyarakat desa. Seluruh masyarakat desa juga harus setuju dengan hasil keputusan yang telah dimusyawarahkan. Pikirkan juga apa yang harus dipotensikan dari desa tersebut. Semua itu memang harus dipikirkan dengan matang agar program ekonomi kreatif desa dapat terwujud tanpa adanya masalah yang sangat berarti.
4. BUATLAH PEMBUKUAN KEUANGAN SECARA RUTIN DAN JELAS
Jika program ekonomi kreatif desa ingin dijalankan dan dipotensikan bersama-sama dengan seluruh masyarakat yang ada di desa, maka usahakanlah untuk membuat pembukuan keuangan secara rutin dan jelas. Hal ini dilakukan agar pendapatan dan pengeluaran dana bagi hasil bisa tercatat dengan jelas.
Misalnya saja sebuah desa ingin membuat USAHA DAGANG KERAJINAN TANGAN BAMBU ROTAN DESA KENARI. Maka seluruh masyarakat yang ikut serta dalam usaha dagang tersebut wajib mendapatkan dana bagi hasil dari usaha dagang tersebut. Dengan begitu, pemerataan perekonomian yang ada di desa nantinya dapat terwujud.
Denagn begitu, seluruh masyarakat yang ada di desa nantinya bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari adanya program ekonomi kreatif desa tersebut. Itulah 4 langkah yang dapat dilakukan untuk mendorong maju ekonomi kreatif desa. Semoga Bermanfaat!
BBC (Blogger Bengkah Community)

Baca Artikel Menarik : FAKTOR PNYEBAB PERNIKAHAN DINI

0 Response to "4 LANGKAH MENDORONG KEMAJUAN EKONOMI KREATIF DESA"

Post a Comment

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel